Bagaimana Lulusan Bootcamp Dapat Membantu Perusahaan Anda Berkembang?

Transformasi digital telah gencar dilakukan oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020, salah satu yang menjadi penghambat utama dalam transformasi digital adalah sumber daya manusia yang harus diperbaiki untuk membangun ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital. Hal ini juga diperkuat oleh survei Telkomtelstra, yang menyatakan 36% pimpinan perusahaan di Indonesia mengalami kendala dalam upaya transformasi bisnis mereka karena kekurangan talenta di bidang digital. Untuk mengatasi kesenjangan yang ada, Hacktiv8 sebagai coding bootcamp pertama di Indonesia telah mentransformasi masyarakat awam menjadi programmer siap kerja dalam 12 minggu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

Meski begitu, tidak sedikit perusahaan yang masih meragukan kualitas lulusan bootcamp Hacktiv8. Untuk menjawab keraguan tersebut menjadi sebuah tantangan bagi Elfriliani Pancarani selaku Head of Careers and Hiring Network dalam membangun relasi dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan talenta digital sekaligus mempersiapkan dan memastikan lulusan Hacktiv8 mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Simak sesi tanya jawab dengan Elfriliani untuk mengetahui kualitas lulusan Hacktiv8 berikut ini.

Q: Bagaimana Hacktiv8 mempersiapkan lulusannya agar dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan tempat mereka bekerja

A: Berdasarkan survei yang kami lakukan ke berbagai perusahaan, kami mengetahui bahwa perusahaan mencari talenta yang tidak hanya memiliki hard skill, tapi juga dapat bekerja sama dengan tim, memiliki time management, dan stress management. Hacktiv8 melatih skill tersebut dengan memberikan Engineering Empathy, yaitu kelas rutin dengan topik pengembangan diri dan konsultasi pribadi dengan konselor. Sesi ini ditujukan untuk siswa yang ingin mengkonsultasikan kesulitannya selama di bootcamp dan hanya ada di Hacktiv8. Sehingga setelah lulus, mereka terbiasa untuk mengatasi masalah pribadi secara mandiri yang merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki dalam dunia kerja.

Q: Apakah lulusan Hacktiv8 hanya menguasai bahasa pemrograman JavaScript?

A: Tentu tidak. Kurikulum di Hacktiv8 memang mengajarkan JavaScript sebagai kemampuan dasar programming (basic fundamental) yang dibutuhkan sebagai seorang programmer atau developer. JavaScript merupakan tools coding dan pemrograman yang digunakan untuk proses pembelajaran. Namun berdasarkan perjalanan karir alumni, banyak dari mereka yang akhirnya menggunakan GoLang, Python, Ruby, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan fundamental pemrograman adalah hal yang utama yang menjadi fokus dari kurikulum Hacktiv8 sehingga memungkinkan siswa untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan pasar seperti mempelajari bahasa pemrograman baru dan berbagai macam tools.

Q: Apa yang membedakan lulusan Hacktiv8 dengan tenaga IT lainnya?

A: Lulusan Hacktiv8 tidak hanya memiliki hard skill seperti SQL, Node.JS, Redux, Vue.JS, dan React & React Native. Tapi mereka juga dibekali oleh soft skill berupa growth mindset yang membuat mereka dapat mencari solusi sendiri saat menghadapi masalah serta memberikan inovasi bagi perusahaan tempat mereka bekerja untuk bisa berkembang. Growth mindset juga mengajarkan mereka untuk tidak mudah menyerah, dan memiliki keinginan untuk terus belajar di mana pun mereka berkarya.

Q: Apakah cukup bagi mereka hanya membutuhkan waktu 12 minggu untuk menjadi programmer siap kerja?

A: Tentu saja, metode yang kami gunakan di Hacktiv8 memungkinkan hal itu. Jika diberikan kesempatan mereka akan dapat membuktikan kualitas dan kemampuan mereka dalam dunia kerja nanti. Bahkan banyak alumni Hacktiv8 yang saat ini telah menjadi leader di perusahaan teknologi ternama di Indonesia.

Q: Metode seperti apa yang diterapkan Hacktiv8 untuk mentransformasi seorang pemula menjadi programmer siap kerja?

A: Metode yang kita terapkan perlu memaksimalkan setiap interaksi dengan siswa. Jadi pada proses penerimaan siswa, kita memberikan edukasi dan juga informasi mengenai bootcamp dan dunia kerja developer. Kita tumbuhkan mindset baru dengan menjelaskan apa saja peluang kerja bagi mereka dan pentingnya berkarir di dunia IT untuk bisa berkontribusi dan berkarya. Lalu siswa yang lolos seleksi harus mampu belajar di bawah tekanan karena mereka akan mengikuti pembelajaran dengan materi yang padat dengan tempo yang cepat serta mengerjakan tugas dan challenge yang diberikan oleh instruktur baik secara individu maupun kelompok. Ini penting dalam membentuk skill mereka untuk menjadi talenta digital yang berkualitas. Dan terakhir, career preparations yang akan membekali siswa dengan personal branding, basic interview, CV skills, hingga pembawaan diri yang baik. Transformasi bukan sesuatu yang ajaib, tapi ada usaha dan kerja keras dibalik itu semua. Kami percaya tidak ada yang tidak mungkin untuk mentransformasi seorang pemula menjadi developer yang siap kerja. Karena faktanya kami selalu menyaksikannya di setiap waktu.

Q: Bagaimana Hacktiv8 mempersiapkan lulusannya untuk bisa bersaing di industri digital, terutama bagi mereka yang tidak memiliki gelar sarjana?

A: Hacktiv8 mungkin tidak memberikan gelar sarjana bagi siswa kami. Tapi kami mempersiapkan mereka untuk menjadi developer yang kompeten dengan terus memperhatikan perkembangan skill mereka. Critical thinking, creative thinking, dan problem solving menjadi kualitas lulusan Hacktiv8 untuk bisa think outside the box dan memecahkan tantangan di industri terkini. Kurikulum yang kami susun juga telah dikurasi dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Namun, yang tidak kalah penting adalah latihan case-study untuk mempersiapkan mental mereka di dunia kerja. Tentunya ada perbedaan signifikan dengan waktu pembelajaran di universitas. Tapi lulusan kami dibekali kemampuan untuk bisa memenuhi kebutuhan di dunia kerja karena kami fokus mengembangkan aspek utama dalam diri mereka agar dapat bersaing dan berkembang.

Q: Seberapa cepat proses perekrutan lulusan Hacktiv8?

A: Perusahaan yang menjadi hiring partner kami akan mendapatkan akses eksklusif untuk melihat daftar kandidat terbaik yang sudah dikurasi untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka dapat melihat profile lulusan kami seperti skill yang dimiliki, kontak, background, dan portofolio mereka. Jika menemukan talenta yang cocok, perusahaan dapat langsung menghubungi mereka untuk interview dan merekrut lulusan kami tanpa dipungut biaya.

Q: Tes apa saja yang bisa diberikan perusahaan untuk membuktikan kualitas lulusan Hacktiv8?

A: Perusahaan dapat memberikan tes logic dan analytics, hingga technical questions dalam proses perekrutan sebelum memberikan offering.

Q: Apakah lulusan Hacktiv8 dapat bekerja di segala kondisi, mengingat perusahaan mulai marak memberlakukan work from home?

A: Saya yakin mereka bisa, karena pembelajaran di Hacktiv8 juga dilakukan secara remote sehingga mereka sudah terbiasa untuk berkutat dengan deadline, berkolaborasi dengan waktu, dan menyelesaikan tugas di mana pun mereka berada. Ini akan membuat mereka lebih adaptif dalam bekerja di segala kondisi dan perusahaan tidak perlu khawatir akan komitmen dan efektifitas mereka dalam bekerja remote.

Q: Bagaimana tips untuk mencari programmer yang tepat bagi suatu perusahaan?

A: Hal yang harus dimiliki oleh talenta digital adalah agility and growth mindset untuk bisa fleksibel dan memiliki learning curve yang tinggi. Karena industri teknologi berkembang cukup cepat sehingga sumber daya pun harus bisa mengimbangi kebutuhan industri. Jika tidak, akan sulit bagi mereka untuk bersaing dan mudah digantikan. Mereka harus bisa belajar mandiri dan memiliki kehausan untuk terus bereksplorasi dan berkembang. Terutama di masa pandemi yang menuntut perusahaan untuk bekerja lebih ekstra. Jadi jangan pernah berkompromi dalam mencari talenta yang berkualitas. Pastikan perusahaan Anda memiliki standar perekrutan yang tinggi.

Setelah mengetahui kualitas lulusan coding bootcamp, apakah Anda tertarik untuk merekrut lulusan Hacktiv8? Anda dapat dengan mudah melakukannya tanpa dipungut biaya hanya dengan menjadi hiring partner Hacktiv8. Tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga!

Share this article: Link copied to clipboard!

You might also like...

5 Final Projek Game Lulusan Hacktiv8

Hacktiv8 Buka Kelas UI/UX di Program Professional Development

Lulusan SMK Sukses Jadi Programmer