Alasan Mengapa JavaScript Mendominasi Industri Software

javascriptprogrammingnews

Alasan Mengapa JavaScript Mendominasi Industri Software

Menurut data RedMonk, JavaScript menempati posisi teratas sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. RedMonk adalah perusahaan analisa yang memiliki fokus pada industri software. Di kalangan software developer, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang populer dan paling ekstensif baik secara fungsi dan periode waktu.

Alasan mengapa JavaScript memiliki banyak penggemar adalah fleksibilitas. JavaScript dapat digunakan untuk berbagai platform dan dilengkapi dengan frameworks dan library yang memberi kemudahan dan efisiensi bagi pekerjaan developer. Awalnya JavaScript digunakan untuk pengerjaan front-end menggunakan framework seperti Jquery. Namun dengan pengembangan framework Node, kini JavaScript juga digunakan untuk back-end. Dengan kata lain, Developer yang menguasai JavaScript dapat berkontribusi lebih banyak dalam industri software.

Dengan menggunakan JavaScript Developer dapat melakukan pemrograman secara paralel, artinya menjalankan lebih dari satu fitur seperti mengirimkan data ke website sekaligus ke server. Hal ini menjadikan JavaScript dalam kolaborasi dengan Node.js dominan di Internet of Things (IoT). Sebagai contoh, Node-RED adalah aplikasi yang menghubungkan IoT yang dirancang oleh IBM Technology Services. The Things System adalah sebuah sistem untuk kontrol komponen dan menjalankan protokol Node.js. Contoh lainnya adalah Noduino untuk kontrol Arduino yang menggunakan aplikasi web HTML5 dan Socket.io. DeviceJS dari Wigwag juga dibangun dengan JavaScript Google’sV8, dengan database JSOn secara aktual.

Dalam dunia teknologi yang berkembang begitu cepat, hal yang terbilang baru saat ini dapat menjadi sesuatu yang dianggap sudah tidak relevan lagi beberapa bulan kemudian. Maka itu, inovasi dan peningkatan kegunaan sangat penting agar teknologi dapat bertahan. Khususnya dalam bidang pemrograman, struktur yang mendasari suatu bahasa menentukan sejauh mana bahasa tersebut dapat terus diaplikasikan. Dominasi JavaScript membuktikan bahwa pentingnya fleksibilitas dan inovasi dalam industri software. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak Developer dengan keahlian JavaScript dicari oleh berbagai perusahaan.