6 Keahlian Developer yang Paling Dicari

programmingnewscareer

6 Keahlian Developer yang Paling Dicari

Pada setiap pekerjaan dibutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus dalam bidang yang digeluti. Sama halnya dengan profesi seperti dokter, atlet, dan pengacara, software developer juga perlu memiliki kombinasi antara pengetahuan dan keahlian teknis. Berikut adalah beberapa keahlian yang membuat software developer dilirik oleh banyak perusahaan.

Menguasai beberapa bahasa pemrograman

Ketika software developer menguasai beberapa bahasa pemrograman, akan ada banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat, serta semakin banyak kesempatan untuk berkontribusi dalam banyak proyek. Dari beberapa bahasa pemrograman yang dikuasai, Developer dapat memilih bahasa yang paling sesuai, efisien dan efektif untuk sebuah projek spesifik. Misalnya, Developer untuk website perlu menguasai bahasa front-end seperti JavaScript atau CoffeeScript dan bahasa backend seperti Ruby atau Python. Bahkan bahasa seperti JavaScript yang terkenal dapat digunakan untuk berbagai macam platform (write once, runs everywhere) juga tidak menutup kemungkinan diperlukan bahasa pemrograman lainnya. Jadi, jika ingin mendapat keuntungan dan kemudahan lebih, pelajarilah lebih dari satu bahasa pemrograman.

Mengikuti perkembangan software development tools

Seiring dengan kemajuan di bidang teknologi, ada banyak tools terkini yang sangat bermanfaat:

  • Version control software untuk memantau berbagai versi aplikasi dan source code, contohnya adalah Git.
  • Tools untuk manajemen projek seperti Jira atau Pivotal Tracker.
  • Servis komputasi web seperti Amazon AWS atau Heroku.
  • Software untuk pemrograman database, contohnya SQLite dan PostgreSQL.

Tools di atas dapat mempermudah developer bekerja sama dengan rekan satu tim dan menempatkan prioritas pekerjaan dengan efektif.

Ahli dalam bernegosiasi

Developer yang tergabung dalam sebuah tim tidak hanya bertugas melakukan pemrograman, tetapi juga menjadi anggota tim yang dapat bekerja sama dengan rekan lainnya. Dalam hubungan tersebut akan ada diskusi, perbedaan pendapat, dan perdebatan. Maka itu, sangat penting bagi Developer untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi, manajemen konflik, dan berkompromi.

Pemahaman terhadap algoritma, struktur data dan kompleksitas

Agar dapat merancang pemrograman yang berfungsi sempurna, Developer perlu memahami keterkaitan antara algoritma, struktur data, dan kompleksitas. Sebagai contoh, ketika mendesain buku kontak untuk produk handphone, ada beberapa struktur yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data seperti hash table dan trees supaya data tersimpan dengan baik. Pada data tersebut dapat diterapkan berbagai algoritma untuk fungsi filtrasi atau pencarian. Hasil yang optimal dapat dicapai dengan melibatkan pengukuran kompleksitas dan analisis. Dengan memahami tiga hal tersebut, pemrograman akan menghasilkan produk yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.

Organisasi dan manajemen pekerjaan

Sisi penting lain bagi seorang Developer adalah kemampuan untuk berpikir kritis dalam sistem alur kerja dan manajemen tugas. Mulai perbaikan pada bugs hingga merancang sebuah program, Developer harus dapat mengatur pengerjaan dari sisi prioritas dan pembagian tugas dengan rekan satu tim.

Pengalaman di berbagai proyek

Selain menambah pengetahuan, memiliki pengalaman sebagai Developer di berbagai projek memberi kesempatan untuk melatih diri berhadapan dengan pemrograman yang rumit dan kompleks. Hal ini bermanfaat agar Developer mengerti fungsi setiap komponen dalam pemrograman. Dengan demikian akan lebih mudah jika ingin menambah fitur atau memperbaiki bugs.

Keahlian di atas tentunya perlu diikuti dengan pengetahuan yang update dalam dunia pemrograman. Hal tersebut menjadi fondasi bagi Developer untuk terus berkembang menjadi lebih baik.