Ini Dia 5 Kelebihan Go Lang (Go Language) yang Harus Kamu Ketahui

GolangcodingBahasa Pemrograman Go

Ini Dia 5 Kelebihan Go Lang (Go Language) yang Harus Kamu Ketahui

images--2-

Golang atau dikenal dengan Go Language adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C dengan mengkombinasikan bebearapa bahasa pemrograman lain seperti Pascal, Modula, Oberon, serta penambahan bahasa pemrograman lainnya seperti Newsqueak dan Limdo. Bahasa pemrograman Go yang dikembangkan oleh Google ini adaalah sebuah proyek Open Source untuk membuat programmer menjadi lebih produktif. Mekanisme Golang membuat bahasa ini menjadi mudah dipahami. Golang dapat mengcompile data dan run-time secara cepat.

Tujuan pengembangan Golang adalah menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang lebih efisien, ringan, sederhana, dan dapat diandalakan. Hal ini terbukti dari adanya berbagai perusahaan besar yang mengadopsi dan mengaplikasikan Go Lang pada aplikasi seperti Dropbox, SoundCloud, CloudFlare, Docker, Cloud Foundry, dan Google. Sudah banyak industri dan perusahaan besar yang menggunakan Go hingga level production, dalam mengembangkan berbagai macam aplikasinya. Berikut beberapa perusahaan yang memakai Bahasa pemrograman Go termasuk diantaranya adalah:

  • Google
  • DigitalOcean
  • Docker
  • Dropbox
  • Facebook
  • Medium
  • Netflix
  • Twitter
  • Gojek
  • Tokopedia

Go Language memiliki daya tarik dan kelebihan yang membuat para developer ingin menguasai dan mengembangkan bahasa pemrograman ini. Kelebihan bahasa pemrograman dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembuat program untuk mempelajarinya dan bahkan mengaplikasikannya dalam mengembangkan sebuah program. Adapun Kelebihan Go lang diantaranya :

Fast
Terkenal sebagai bahasa pemrograman yang memiliki proses compiling yang cepat. Golang dikenal sebagai compiled language dimana developer tidak bisa merubah variable dan berbagai data import. Semua variabel dan data import harus memiliki fungsi dan dijalankan, sehingga tidak ada syntax pada variabel, fungsi, dan data import yang tidak terpakai agar efektif dan berpengaruh terhadap kecepatan akses program go lang.

Concurrent Programing
Salah satu kelebihan go lang adalah dapat menyelaraskan konsep rutinitas pekerjaan, konsep channels singkornisasi komunikasi, serta pengelolaan banyak jalur yang bersamaan. Hal ini dikarenakan concurrency yang tertanam pada bahasa go lang itu sendiri. Sehingga seberapa banyakpun data yang masuk, akan difilter dan ditransmisikan dengan sangat baik.

Clean Code
Go lang juga termasuk bahasa pemrograman yang bersih dan rapi. Para developer akan dipaksa menggunakan aturan penulisan serta metodologi yang sesuai dengan ketentuan go lang itu sendiri. Aturan ini, akan membuat para developer memahami tentang konsep clean code yang sesungguhnya. Untuk apa clean code? Bahasa pemrograman yang rapi, selain mempermudah dalam proses maintenance, selain itu berpengaruh terhadap kecepatan proses compelling.

Software Helper
Software helper atau alat bantu program adalah kelengkapan yang digunakan untuk membangun program, seperti membangun aplikasi Java. Go Lang membantu membuat aplikasi mudah dan sangat bersahabat dengan sumber daya. tidak membutuhkan size yang besar dalam installasinya. Sehingga Anda tetap dapat membuat program yang sangat kompleks tanpa takut komputer kehabisan sumber daya.

Community Helper
Dukungan komunitas pecinta go lang kini semakin banyak. Sehingga memudahkan Anda sebagai developer untuk terus berkembang. Dukungan komunitas yang baik akan membuat programer go tidak kerepotan jika ada masalah yang dihadapi.

Itu tadi 5 kelebihan Go Lang (Go Language) yang harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk Anda mempelajari golang lebih dalam. Anda ingin menguasai Bahasa pemrograman atau ingin menjadi programmer andal? Anda bisa mengunjungi www.hackti8.com dan memilih program GoLang atau programa lainnya yang ingin diikuti untuk menunjang karir dan profesi sebagai programmer.

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.