5 Hal Non-Teknis Yang Membantu Anda Menjadi Developer Sukses

programmingnewscareer

5 Hal Non-Teknis Yang Membantu Anda Menjadi Developer Sukses

Di masa kini, ketika teknologi berkembang semakin pesat, pekerjaan di bidang teknologi tentunya memiliki peranan penting. Sebagai contoh, lowongan pekerjaan untuk software developer bermekaran di berbagai perusahaan. Bagaimanakah cara menjadi profile yang menonjol dan dilirik oleh perusahaan-perusahaan tersebut?

Di samping keahlian teknis yang merupakan syarat utama, ada faktor lain yang menjadi sorotan.

Intrapersonal dan Interpersonal

Sebagai salah satu anggota developer team di sebuah perusahaan, kesuksesan pekerjaan tidak hanya ditentukan kinerja pribadi, tetapi juga bagaimana kita dapat mendukung seluruh team bekerja sama. Kenyataannya kita terkadang menemukan masalah atau terjadi konflik antar team. Kita dituntut untuk dapat mengaplikasikan kemampuan interpersonal dan intrapersonal dengan baik sehingga masalah apapun yang muncul tidak menghambat pekerjaan.

Kolaborasi

Perusahaan tentunya mencari karyawan yang dapat diandalkan, tidak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi juga untuk handle masalah yang muncul bersama dengan anggota tim yang lain. Kolaborasi menjadi penting dalam menyatukan kelebihan (strength) dan mengisi kekurangan (weakness) agar terbentuk team yang solid.

Peka akan sekitar

Teknologi berkembang pesat dan seluruh aspek lain di dunia bisnis dan karir mengalami perubahan dari masa ke masa. Dalam kondisi yang begitu dinamis, kita harus dapat peka terhadap situasi sekitar dan perubahan yang terjadi. Untuk menjadi peka, terkadang kita harus berdiam sejenak dan fokus mengamati kejadian, fenomena, lingkungan dan orang sekitar. Dengan begitu kita dapat menentukan peran dan tindakan apa yang perlu diambil selanjutnya.

Pembelajaran akan hal baru

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada berkontribusi bagi kesuksesan tim. Kesuksesan biasanya didukung dengan adanya pembelajaran. Tidak hanya mengambil ilmu, pembelajaran dapat dilakukan pada saat kita memberikan tanggapan saat diskusi, pertanyaan kritis, atau memberikan ide saat brainstorming. Hal tersebut seperti sambil belajar kita juga menggali potensi diri sendiri.

Kepemimpinan

Memiliki karakter sebagai pemimpin adalah kualitas yang dicari setiap perusahaan. Banyak projek dan pekerjaan yang berkembang secara dinamis dan perusahaan perlu merasa nyaman dan percaya diri bahwa setiap karyawannya siap membantu dan melakukan apapun yang diperlukan agar tidak ada proyek tertunda atau bahkan berhenti di tengah jalan.

Untuk mengembangkan kualitas-kualitas tersebut kita harus membuka diri dan lebih memperhatikan lingkungan dan orang sekitar, rajin berkomunikasi dan membangun semangat kepemimpinan. Tidak semua hal dalam pekerjaan berjalan dengan lancar, ada kalanya kita menemui hambatan. Oleh karena itu sangat penting memiliki kualitas selain kemampuan teknis, karena kesuksesan dalam pekerjaan tidak hanya ditentukan seberapa tinggi skill Anda dalam hal teknis, tetapi kesuksesan itu juga didukung oleh 5 hal di atas.