Wanita Jadi Programmer? Why Not?

Beberapa wanita mungkin sempat berpikir, apakah memungkinkan seorang wanita menjadi programmer? Jawabannya, tentu saja. Kenapa tidak?

Selama ini profesi sebagai programmer memang lebih banyak digandrungi kaum adam dan secara tidak langsung menjadi stereotype bahwa programmer sangat identik dengan pekerjaan laki-laki. Jika ditilik lebih dalam dan seiring dengan berjalannya waktu serta pesatnya perkembangan teknologi, sudah mulai terlihat beberapa wanita berprofesi sebagai programmer. Akan tetapi, belum cukup besar angkanya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi minimnya angka programmer wanita di Indonesia, salah satunya yaitu adanya pertanyaan dan pernyataan yang sering muncul dalam diri para wanita seperti, “Jadi programmer kan sering begadang” atau “Cewek kurang cocok lah ngoding-ngoding”. Kini, sudah saatnya pemikiran tersebut dikesampingkan. Pasalnya, menjadi programmer wanita adalah profesi yang luar biasa! Mengapa?

  • Wanita memiliki sensitivitas tinggi Ini merupakan kelebihan yang jarang dimiliki kaum pria. Wanita sangat peka terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, jika para wanita mampu memanfaatkan teknologi yang ada, maka ide-ide brilian dari kepala seorang wanita akan dengan mudahnya disalurkan dan mampu menciptakan berbagai inovasi.

  • Wanita cenderung rajin dan inisiatif Jangan salah lho :) Rajin di sini berarti konsisten dan tekun dalam melakukan sesuatu. Yap, wanita cukup bisa berkomitmen dalam menyelesaikan suatu persoalan. Hal ini dapat diimplementasikan saat wanita berkecimpung di dunia pemrograman yang kadang menuntut kesabaran dan ketekunan di setiap challenge-nya.

  • Programmer wanita sangat sedikit Apakah kamu ingin menciptakan sebuah mobile apps yang diunduh banyak orang dan sebuah website yang mampu menghasilkan passive income? Jika jawabannya adalah “ya”, maka sudah saatnya kamu bangkit dan mulai melakukan perubahan! Belajar coding tidak sesulit yang selama ini dibayangkan, justru hanya dengan berbekal kemauan yang besar dapat membawa kamu menjadi programmer wanita yang siap membanggakan Indonesia.

Jadi tunggu apa lagi? :)