Programmer Wajib Tonton Film Ini

Dunia pemrograman memang ibarat sebuah teka-teki yang membuat banyak orang penasaran. Tidak sedikit orang yang mencintai dunia ini, namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali buta akan segala hal yang terjadi di dalamnya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia pemrograman, maka tahun demi tahun bermunculan film-film berbau teknologi yang sangat luar biasa jika kita lihat dari alur cerita, setting, hingga efek pembuatannya.

Jika kamu seorang Programmer, maka film-film berikut ini cocok sekali untuk kamu masukkan ke movie list kamu. Selain inspiratif, semoga setelah menonton film-film ini membuat kamu lebih bersemangat lagi dalam coding.

The Social Network

Siapa yang tidak kenal Mark Zuckerberg? Pendiri Facebook yang bahkan tidak lulus dari Harvard ini suatu hari ia mabuk dan meretas sistem di kampusnya. Hal ini dipicu oleh putus cinta yang dialaminya kemudian ia menciptakan FaceMash, sebuah situs perbandingan wanita yang kemudian menjadi awal lahirnya Facebook yang kita gunakan saat ini.

Her

Menceritakan kehidupan Theodore Twombly, seorang penulis dengan kepribadian introvert yang baru saja mengalami kegagalan pernikahan. Kemudian ia membeli sebuah Operating System (OS) bernama Samantha yang dibekali dengan Artificial Intelligence (AI) sehingga OS tersebut bisa berbicara. Secara tidak sadar, ia jatuh cinta pada program komputer tersebut.

The Fifth Estate

Pernah dengar situs WikiLeaks? Sebuah situs yang membeberkan kejahatan perusahaan-perusahaan raksasa hingga informasi penting sebuah negara. Film ini menceritakan awal mula dibangunnya platform kontroversial tersebut oleh Julian Assange dan Daniel Domscheit-Berg.

Antritrust

Generasi 90-an pasti familiar dengan aktor Hollywood sekelas Ryan Philippe dan Rachel Leigh Cook. Duo remaja ini sukses memainkan peran sebagai Programmer jenius yang sedang mengerjakan proyek bernama Synapse, sebuah jaringan distribusi media yang menjangkau seluruh dunia.

Tron Legacy

Pecinta Disney tidak mungkin melewatkan film dengan special effect spektakuler ini. Bercerita tentang Sam Flynn, seorang pemuda yang menyelidiki kasus hilangnya sang Ayah, Kevin Flynn. Sebuah mesin permainan berhasil membawanya ke sebuah dunia digital yang penuh dengan sederet program komputer. Ia harus bertarung di tempat di mana Ayahnya telah terperangkap selama 20 tahun.

Pirates of the Silicon Valley

Apa yang tersirat di benak kamu saat mendengar kata "Silicon Valley"? Google, Yahoo, Microsoft, hingga Apple pasti bermunculan di kepala. Film ini merupakan film dokumenter yang merekam kehidupan orang-orang yang menciptakan dunia teknologi hingga seperti sekarang ini. Kamu bisa melihat bagaimana perjuangan mereka semasa kuliah, hingga awal mula berdirinya perusahaan-perusahaan kelas kakap seperti Apple dan Microsoft.

The Imitation Game

Sebelum dikenal sebagai Dr.Strange, Benedict Cumberbatch sukses memerankan Alan Turing, seorang ahli matematika yang berjuang bersama timnya untuk menciptakan komputer pertama di dunia yang mampu memecahkan kode Enigma Jerman. Berlatar belakang Perang Dunia II, ia yakin dengan berhasilnya memecahkan kode enigma dapat memperpendek masa perang selama 2 tahun dan menyelamatkan sekitar 14 juta jiwa.

Jobs

Para pengguna gadget Apple tentunya tidak akan cukup berterima kasih pada kejeniusan seorang Steve Jobs. Film inspiratif ini menggambarkan keuletan serta kejeniusan Steve Jobs pada sisi teknis serta entrepreneurship dalam proses mewujudkan mimpinya.

Source Code

Film ini menceritakan adanya dunia lain di dalam komputer setelah semua sumber listrik dimatikan. Agak menyeramkan ya?

Swordfish

Film bertema futuristik ini mengupas tentang Gabriel Shear yang diperankan oleh John Travolta. Ia sangat berambisi untuk mengakses sebuah komputer canggih yang dipercaya mengandung banyak rahasia pemerintah. Untuk memuluskan misinya, ia menugaskan Stanley Jobson yang diperankan oleh Hugh Jackman, seorang ahli komputer terkenal untuk membantunya meretas sistem komputer tersebut.

Tidak jauh berbeda dari coding, menonton film juga merupakan sebuah hobi yang menginspirasi siapa saja yang menikmatinya. Dengan menonton film-film tentang pemrograman, kita menjadi tahu akan misteri serta hal-hal yang mampu diciptakan dan dilakukan oleh sebuah program komputer. Dari 10 film di atas, berapa film yang sudah kamu tonton?