For the Love of Code

Untuk melanjutkan blog post minggu lalu tentang definisi dari Coding Bootcamp, mari kita memulai lagi dengan membahas apa yang perlu kamu persiapkan sebelum masuk ke dalam dunia bootcamp.

First things first, tanyakan kepada dirimu sendiri:
“Apakah kamu benar-benar ingin belajar coding?”

Bootcamp membutuhkan komitmen yang besar secara waktu, biaya, dan juga komitmen. Sebelum kamu mulai masuk lebih dalam, kami menyarankan kamu harus mencari tahu apa sebenarnya coding itu. Mari kita bahas tentang tantangan dan hadiah yang akan kamu dapatkan sebagai seorang programmer beserta skill yang perlu kamu siapkan sebelum memulai perjuanganmu di Coding Bootcamp.

PASSION UNTUK CODING

Sudah bersiap-siap untuk daftar ke Coding Bootcamp? Jangan terburu-buru. Mengikuti sebuah Coding Bootcamp merupakan pilihan yang besar. Sebelum kamu mendaftar penting bagi kamu untuk mengetahui apa yang akan kamu hadapi. Programming merupakan pilihan karir yang bagus, tetapi seperti halnya karir lainnya, programming tidak cocok untuk semua orang. Sebelum kamu langsung menghabiskan uang yang kamu dapatkan dengan susah payah, kamu harus memastikan bahwa coding adalah sesuatu yang kamu nikmati.

Alasan kenapa kamu memilih untuk memiliki karir di dunia coding harus lebih dari sekedar gaji dan mudah mendapatkan pekerjaan semata. Kami tidak akan berpura-pura bahwa hal barusan tidak penting karena untuk menjadi seorang programmer yang baik kamu harus pertama menyukai programming itu sendiri. Jika kamu menghabiskan puluhan juta rupiah dan gagal menunjukan kemauanmu untuk belajar pada saat ingin bergabung, maka tidak akan bisa masuk ke dalam Coding Bootcamp.

SIAPKAN DIRIMU UNTUK SUKSES

Sebelum kamu mendaftar untuk bergabung dengan sebuah bootcamp, ambilah beberapa jam dan ajarkan dirimu basic atau fondasi dasar baik praktik maupun teori tentang coding. Ada banyak materi yang gratis dan mudah di akses di Internet. Mengerjakan materi-materi itu akan membuat kamu bisa melihat apakah kamu menyukai coding atau tidak.

GAYA BELAJAR

Gaya belajarmu sangatlah penting dalam mempengaruhi pengalamanmu di dalam Coding Bootcamp. Apakah kamu tipe yang belajar dengan cara mempraktikan langsung hal yang kamu pelajari? Apakah kamu tipe yang lebih cocok mempelajari semua materi sebelum mempraktikannya satu per satu? Apakah kamu lebih suka belajar sendiri atau dalam kelompok? Kamu harus pertama mengetahui gaya belajar apa yang kamu sukai.

Bootcamp akan melempar kamu kedalam sebuah arus belajar yang bersifat fast-paced (cepat), dengan pembelajaran secara praktik langsung dan bukan sistem belajar tradisional yang biasanya kamu temui di institusi pendidikan biasa. Kamu akan mengerjakan berbagai challenge atau tugas coding baik sendiri ataupun bersama rekan, jadi sangatlah penting jika kamu mampu menjalani bekerja yang bersifat kolaboratif. Kecepatan pembelajaran di dalam Coding Bootcamp menuntut kamu bisa belajar dan beradaptasi kedalam situasi baru secara cepat.

PENGALAMAN

Tidak berlatar belakang pendidikan IT? Tidak Masalah!

Kebanyakan bootcamp menerima murid dari beragam latar belakang pendidikan tidak hanya IT, begitu juga HACKTIV8. Tapi ini bukan berarti kamu akan bisa langsung datang ke kampus bootcamp dan langsung diterima menjadi murid bootcamp. Kami membutuhkan kamu untuk melewati beberapa interview dan tes logika (bukan tes coding), dan juga kamu harus bisa melewati tugas yang akan kami berikan selama fase persiapan (Phase 0). Tugas yang kamu dapat selama fase 0 ini akan menjadi pembentuk fondasi pengetahuan untuk pembelajaran kedepannya.

Murid juga bisa menggunakan materi di fase 0 sebagai bahan pertimbangkan apakah kerja sebagai programmer cocok bagi mereka atau tidak.

Nah, jika sejauh ini dari semua hal yang telah kami berikan kepada kamu dirasa bisa kamu hadapi, maka selamat datang di dunia coding! Apa langkah selanjutnya?

Silahkan dapatkan kurikulum HACKTIV8 dan jika kamu merasa siap, segaralah daftarkan dirimu!

Source: Launch Academy

Patricia Hartono

Patricia Hartono

A 4th year BINUS University student currently studying English Literature. Sucker for writing, and even more passionate about part-time jobs. Currently working as head of Content in HACKTIV8 ID.

Read More