Keseharian di Hacktiv8

Beberapa orang masih bertanya-tanya akan gambaran kegiatan sehari-hari para murid yang bergabung di bootcamp. Beberapa dari mereka juga berpendapat bahwa aktivitas di bootcamp sangat ketat sehingga banyak kegaduhan yang terjadi.

Tentu hal itu tidak bisa dipungkiri, mengingat setiap murid dituntut untuk berkonsentrasi penuh selama program berlangsung. Namun semua keharusan tersebut masih dalam batas wajar. Sebagian dari mereka pun justru merasa seperti pergi ke kampus biasa dan belajar hingga waktu yang ditentukan.

Pada kenyataannya, menimba ilmu di bootcamp memberikan lingkungan belajar yang nyaman, fasilitas yang baik untuk menunjang proses belajar, dan jadwal yang telah diatur sangat rapi. Untuk lebih jelasnya, berikut kami ulas lebih rinci mengenai keseharian para murid di Coding Bootcamp - Hacktiv8:

Preparation (Masa Persiapan-6 Minggu)

Sebelum membahas aktivitas para murid yang lolos ke kelas 12 Weeks Immersive Program, para murid wajib mengikuti masa persiapan selama 6 minggu. Masa persiapan ini dilakukan secara online dan offline di mana setiap murid setidaknya datang 2 kali dalam seminggu untuk belajar langsung dengan instruktur. Setelah semua challenge dikerjakan, maka di akhir masa persiapan akan dilakukan Final Live Coding sebagai tugas akhir yang menentukan apakah murid tersebut mampu melanjutkan ke program immersive.

Immersive Program (12 Minggu)

Para murid yang berhasil melanjutkan ke tahap ini, wajib hadir di kampus Hacktiv8 dari Senin sampai Jumat dimulai jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore, akan tetapi, para murid terbiasa menghabiskan sekitar 11 jam per harinya. Jadwal kegiatan di kelas setiap harinya kurang lebih sebagai berikut:

09.00 - 10.00 Morning Lecture Session
  • Bagian ini merupakan sesi di mana instruktur akan memberikan dan menjelaskan materi sesuai dengan Phase yang sedang diikuti oleh para murid. Kegiatan serupa juga dilakukan pada Afternoon Lecture Session.
10.00 - 12.00 Challenge Session in Lab
  • Sesi challenge ini merupakan momen di mana para murid akan mengerjakan tugas langsung di lab. Kegiatan serupa juga dilakukan pada Challenge Session in Lab di sore hari.
12. 00 - 13.00 Lunch Break
  • Kampus Hacktiv8 memiliki food lounge yang nyaman di mana para murid bebas untuk makan dan minum selama jam istirahat makan siang. Mengacu pada peraturan yang berlaku, murid dilarang membawa makanan dan minuman selain air mineral ke dalam lab.
13.00 - 14.00 Afternoon Lecture Session
14.00 - 17.00 Challenge Session in Lab
17.00 - 18.00 Daily Standup (Daily Evaluation)
  • Pada sesi ini, instruktur dan para murid berkumpul di ruangan khusus untuk masing-masing menyampaikan apa saja kegiatan yang mereka lakukan pada hari itu, serta tugas apa saja yang mereka kerjakan. Sesi ini bertujuan menjaga hubungan dan komunikasi yang baik antara instruktur dan murid.
Kegiatan Lainnya

  • Selasa sore: Yoga Session - Mengapa Hacktiv8 menyediakan kelas Yoga untuk para muridnya? Hal ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami akan kesehatan para murid. Kami mengerti bahwa bergabung di bootcamp dengan jadwal ketat dan intensif memicu meningkatnya stres pada murid, oleh karena itu, sesi Yoga yang berlangsung selama 1 jam ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mereka dan membantu membebaskan mereka dari stres.
  • Jumat siang: Engineering Empathy - Banyak yang bertanya apa arti Engineering Empathy. Pada sesi yang juga berlangsung selama 1 jam ini, Hacktiv8 menyediakan coach khusus yang akan berbagi informasi bagaimana cara me-manage stres, membangun empati kepada sesama murid, serta membantu meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Setiap hari Jumat ini, setiap murid juga bebas bergantian untuk berkonsultasi secara pribadi dengan coach.

Pada program immersive ini, terdiri dari 3 Phase atau tingkatan yang harus dilalui oleh para murid untuk menjadi Full Stack Developer.

Phase 1 / Bulan 1:

Di phase ini, para murid akan dilatih logikanya ke dalam berbagai kasus yang menantang dan menguras pikiran. Tahap ini juga akan melatih mereka untuk mampu berpikir selayaknya seorang Programmer dalam menyelesaikan kasus. Selain itu, para murid diajarkan dasar-dasar pembuatan Database dan menjalankan JavaScript di sisi server.

Phase 2:

Di sini murid akan ter-expose dengan berbagai teknologi dan tools paling update di dunia JavaScript. Mereka nantinya akan mampu membuat web dari sisi back-end dan front-end dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan tools tersebut disertai dengan workflow yang umum digunakan oleh para Developer. Murid juga akan membuat berbagai portfolio project untuk meningkatkan jam terbang mereka dalam mengembangkan aplikasi.

Phase 3:

Di bulan terakhir ini, murid akan fokus dalam pembuatan aplikasi web dan mobile menggunakan React dan React Native. Kegiatan ini juga memacu mereka untuk membuat project akhir dan bekerjasama dalam tim yang terdiri dari 3 orang. Project akhir yang akan mereka ciptakan akan menjadi patokan seberapa jauh mereka telah belajar di HACKTIV8!

Demikian gambaran kegiatan sehari-hari para murid di Coding Bootcamp - Hacktiv8. Kami mengakui bahwa perjalanan menuju keberhasilan menjadi seorang Full Stack Developer memang tidak semudah yang orang-orang kira selama ini, tetapi kami siap membimbing dan kami percaya bahwa keberhasilan akan diraih oleh mereka yang bersedia berkomitmen, bekerja keras serta tekun dalam menjalani bootcamp.