The Most Important Job Skill of the Future

Pekerjaan yang tersedia di bidang computer programming sedang mengalami sebuah penurunan, tapi coding tetap menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan di berbagai industri.

Selain dari perusahaan di bidang teknologi, jumlah bisnis di bidang lain yang bergantung pada coding semakin tinggi. Jadi, bukanlah suatu hal yang aneh jika 25 pekerjaan terpopuler di tahun ini merupakan posisi di bidang teknologi. Sekarang seorang programmer bisa menemukan lowongan pekerjaan di sebuah rumah sakit atau pabrik mobil semudah jika mereka melamar di perusahaan teknologi seperti Apple.

Sebuah perusahaan job market analytics menemukan bahwa sebanyak 7 juta lowongan pekerjaan di 2015 memiliki persyaratan skill coding. Mereka juka menemukan bahwa pekerjaan programming secara keseluruhan bertumbuh 12% lebih cepat dibanding dari rata-rata industri lainnya.

Penemuan di atas di dapat dari peluasan cakupan riset ke pekerjaan yang membutuhkan skill coding di 5 bidang umum pekerjaan ini:

  • Information Technology
  • Data Analyst
  • Artist and Designers
  • Engineers
  • Scientists

Skill yang dimaksud adalah kemampuan menggunakan program komputer untuk menulis instruksi ke komputer dibandingkan dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada. Para researcher bahkan melihat bahasa pemrograman termasuk JavaScript dan HTML untuk membangun situs web, dan bahasa pemrograman multifungsi lainnya seperti Java dan Python.

Laporan yang mereka buat menggunakan data dari 26 juta online job posting yang dikumpulkan di tahun 2015. Mereka menggunakan demand skill coding yang ada di lapangan pekerjaan untuk menemukan pekerjaan dan skill spesifik apakah yang dicari oleh para employer.

Salah satu penemuan besar yang dihasilkan menunjukan bahwa hampir setengah dari seluruh lowongan yang mencari orang-orang berkemampuan coding berasal dari industri DILUAR dunia teknologi. Diantara lowongan-lowongan itu beberapa berasal dari bidang finance, manufacturing dan bahkan health care.

Sebagai hasilnya, coding telah menjadi sebuah keterampilan yang bisa menaikan tingkat seorang pencari kerja untuk bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Researchers juga menemukan bahwa pekerjaan yang memerlukan kemampuan coding menawarkan gaji yang mencapai angka Rp. 300.000.000 dalam setahun. Bahkan, hampir setengah dari semua pekerjaan yang menawarkan gaji hingga Rp. 800.000.000 dalam setahun memiliki skill coding sebagai persyaratannya. Kemampuan coding di masa digital ini hampir sama pentingnya dengan kemampuan untuk bisa dan mengerti berbicara bahasa Inggris!

Jadi apa di dalam lapangan pekerjaan coding sendiri yang paling di inginkan saat ini? Laporan yang ada menunjukan bahwa kebutuhan tertinggi ada pada kemampuan penggunaan bahasa programming untuk tujuan yang beragam. Beberapa contohnya adalah:

Mendapatkan kemampuan dan kesempatan belajar coding yang sedang banyak di butuhkan di lapangan pekerjaan dulunya hanya bisa kamu dapatkan melalui pendidikan tingkat tinggi seperti universitas. Tapi metode belajar institusi pendidikan tingkat tinggi yang kadang lebih berfokus ke teori bukan cara paling efektif untuk belajar coding yang merupakan sebuah pekerjaan yang berfokus berat pada praktik. Bahkan, kadang seseorang tidak membutuhkan gelar di bidang programming untuk bisa sukses.

Jika kamu merasa tidak tahu harus belajar dari mana lagi, coding bootcamp adalah jawabanmu. Di HACKTIV8, hanya dalam periode belajar selama 12 minggu kamu bisa belajar menjadi developer handal. Kami memastikan bahwa setiap murid HACKTIV8 tidak hanya mengerti dan mampu menguasai kemampuan coding, tapi kami juga memastikan bahwa lulusan dari HACKTIV8 bisa mendapatkan pekerjaan yang bisa menjadi langkah awal mereka menuju kesuksesan.

Dunia ini membutuhkan banyak programmer, jadi tunggu apa lagi? Bergabunglah dan berkembang untuk menyiapkan dirimu menjadi seorang programmer handal bersama HACKTIV8.

Ada potongan harga sebesar Rp. 5.000.000 bagi kamu yang mendaftar untuk Batch 14 dan 15. Segera daftarkan dirimu! Kursi yang tersedia terbatas.

Source: Fast Company