Istilah-Istilah dalam Pemrograman yang Wajib Kamu Ketahui

Dalam dunia pemrograman, banyak programer yang berlatar belakang non-IT. Oleh karena itu, ada istilah-istrilah pemrograman yang mungkin terdengar sangat asing di telinga mereka yang baru bergabung di Bootcamp. Untuk menghindari hal itu, mari kita simak istilah-istilah di bawah ini beserta artinya untuk memudahkan kamu saat proses belajar nanti.

Angular.js, Backbone.js, & Ember

Merupakan 3 framework (kerangka) JavaScript yang populer, di mana framework ini menyediakan perpustakaan, tools, dan kemampuan yang berbeda untuk kode kamu. Setiap framework memberikan fungsi, metode dan kendali untuk kode kamu, akan tetapi, berbeda untuk perpustakaan coding, karena framework tersebut membebankan struktur pada kode kamu yang tidak bisa dilakukan oleh perpustakaan coding.

JavaScript

Merupakan suatu bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di semua web browser. JavaScript ini banyak digunakan untuk membantu membuat halaman di website menjadi lebih interaktif dan lebih cepat di dalam browser.

jQuery

Merupakan sebuah perpusatakaan JavaScript kecil dan cepat yang mampu mempercepat jalannya tugas-tugas tertentu, membuat lebih sederhana dan lebih interaktif dengan menciptakan metode-metode yang bisa digunakan oleh programer.

Ruby

Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang elegan yang sengaja dirancang agar mudah digunakan oleh programer. Ruby mengikuti pola software yang menyediakan poin-poin referensi yang baik untuk mempelajari bahasa pemrograman lain seperti Java dan JavaScript.

Ruby on Rails

Merupakan sebuah framework aplikasi web populer yang kuat yang memberikan panduan kepada programer menggunakan konvensi.

Structured Query Language (SQL)

Suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk berinteraksi dengan semua database relasional. Database ini berada di bawah naungan semua aplikasi online.

AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) Memberikan peluang untuk menciptakan sebuah halaman web yang cepat dan dinamis dengan cara memperbaharui bagian-bagian tertentu dari halaman web tersebut tanpa me-refresh seluruh halaman web.

Algorithm

Merupakan kumpulan dari proses yang akan digunakan oleh program kamu untuk menjalankan perintah. Intinya, semakin efisien alogaritma, semakin cepat program kamu.

API (Application Programming Interface)

Merupakan kumpulan gerakan, protokol dan tools untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Cara kerjanya yaitu dengan berperan sebagai kontrak yang menetapkan bagaimana sebuah program meminta program lain untuk layanan yang lebih detil.

Data Structures

Merupakan struktur yang dirancang untuk mengatur, menyimpan dan mengakses data di dalam program kamu.

Methods/Functions

Banyak digunakan secara bergantian, tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan. Method atau Functions ini merupakan sebuah kode blok yang sering digunakan kembali dalam proses tertentu yang dapat kamu gunakan di bagian mana saja dalam program kamu..

Recursion

Merupakan metode penting yang digunakan di banyak aplikasi. Recursion dapat diartikan sebagai momen di mana ia dapat memerintahkan dirinya sendiri untuk mengulang sebuah proses sampai akhirnya proses tersebut dihentikan oleh kondisi semula.

Syntax

Bisa diartikan sebagai tata bahasanya sebuah bahasa pemrograman.

Agile Software Development

Merupakan strategi pengembangan perangkat lunak yang ditujukan untuk tim developer yang menekankan komunikasi, perangkat lunak fungsional dan adaptasi yang cepat akan perubahan.

Apprenticeship

Merupakan sebuah program jangka panjang, di mana seseorang mendapat tawaran untuk mengikuti pelatihan menjadi developer, yang nantinya terikat dinas di perusahaan yang membiayai program pelatihan tersebut.

Back-end developer

Merupakan seorang developer yang bertugas di balik permukaan sebuah web atau aplikasi. Biasanya, seorang back-end developer mengurus server, database dan aplikasi perangkat lunak.

Front-end developer

Disebut juga sebagai Developer dari "Sisi Klien", di mana developer ini menggunakan HTML, CSS dan JavaScript untuk menciptakan visual antarmuka dari sebuah aplikasi web yang mampu berinteraksi dengan penggunanya.

Full Stack Developer

Merupakan sebutan bagi developer yang mampu bekerja sebagai front-end developer dan back-end developer.

Pair Programming

Merupakan sebuah teknik yang dilakukan oleh 2 orang programer, di mana seorang programer menjadi "pengemudi" kodenya dan programer satunya menjadi "navigator" kode tersebut.

Technical Interview

Merupakan sebuah tahap dasar wawancara yang melihat kemampuan, keahlian dan bagaimana seorang programer menyelesaikan sebuah masalah. Biasanya, pada wawancara teknis ini diberlakukan coding test.

White Boarding

Merupakan latihan wawancara teknis di mana perusahaan akan meminta kamu untuk mendalami sebuah masalah dengan cara menuliskannya di papan tulis dan menuliskan bagaimana proses pola pikir kamu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah melihat titik terang akan istilah-istilah dalam dunia pemrograman? Semoga bermanfaat di kemudian hari.