Why Hackathons Can be a Secret Weapon

Sebagai seorang Web Developer yang sedang mencari pekerjaan, kami yakin pasti kamu sering mendengar saran untuk mengikuti hackatahon dengan tujuan membangun network dan mendapatkan pengalaman coding. Tapi apakah kamu sudah pergi ke salah satu hackathon yang diadakan belakangan ini? Jika tidak, kenapa? Ada beberapa pelajaran yang bisa kamu bagi dengan sesama Developer dan juga mungkin calon lulusan bootcamp yang bisa mendorong kalian untuk membangun komunitas, portofolio, dan kepercayaan diri dengan mengikuti hackathon.

Berikut adalah beberapa alasan yang kami dengar dari murid dan Alumni kami tentang kenapa mereka belum pernah mengikuti hackathon. Jika kamu di posisi yang sama, mungkin beberapa alasan ini akan terdengar familiar:

  • Hackathon terlalu kompetitif
  • Orang yang ikut hackathon terlalu seram
  • Takut tidak bisa menang apa-apa
  • Takut tidak dapat tim
  • Takut bertemu orang baru

Hackathon bukanlah sesuatu yang semenakutkan yang kamu bayangkan.

Memang benar bahwa hackathon itu sesuatu yang kompetitif, tetapi kamu tidak pernah dituntut untuk mempresentasikan proyekmu untuk menang. Jika ini adalah sesuatu yang sangat kamu khawatirkan, kenapa tidak mencobamemulai dari hackathon dengan hadiah yang itdak terlalu besar. Ada banyak hackathon yang terbuka terhadap pemula dan bahkan jika kamu tidak memiliki proyek yang bisa kamu kerjakan, banyak workshop yang bisa memberikan kamu kesibukan selagi acara berlangsung.

Dan jangan takut dulu, kebanyakan orang yang mengikuti hackathon adalah orang orang yang juga seperti kamu! Mereka ingin melihat apa yang mereka bisa buat dalam sebuah waktu yang terbatas. Mereka ingin bertemu dengan orang baru dan bersenang senang dalam komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama. Menurut pendapat kami, hackathon memiliki semua keuntungan networking tanpa kecanggungan dimana event tersebut hanya tentang networking, sehingga kamu memiliki alasan untuk berbicara dengan satu sama lain yaitu melalui kompetisi yang ada. Dan bonusnya, jika kamu berhasil mengikutinya, kamu bisa mendapat sesuatu yang keren yang bisa kamu masukan kedalam portofoliomu.

Hackathon menuntut kamu (dengan cara yang baik) untuk membangun protofolio proyek dan mencoba teknologi baru.

Akan ada rasa ajaib ketika kamu mampu menyelesaikan proyek hanyan dalam waktu 12-28 jam dan menyadari betapa ahlinya kamu. Hal ini juga dirasakan murid kami ketika mereka berhasil membangun sesuatu dalam 8 jam ketika pada awalnya mereka membutuhkan waktu 8 hari untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Jangka waktu hackathon sangat mendorong kamu untuk bekerja dengan metoda yang paling produktif dan efisien karena waktu yang terbatas. Jika kamu hanya memiliki 20 menit lagi untuk menyelesaikan proyekmu, kamu bahkan bisa mengeluarkan satu halaman penuh CSS hanya untuk membuat suatu fitur akhirnya bekerja tanpa bug. Inilah ajaibnya dari seorang programmer, jika kamu berikan timer, maka tiba tiba dalam jangka waktu itu sebuah app baru akan diciptakan! Kamu ingin memulai dari membuat suatu yang kecil lalu menambhkan fitur kedalamnya. Jangan langsung mencoba membuat sebuah pesawat, mulailah dengan mencoba membuat sebuah sepeda.

Hackathon juga memungkinkan kamu untuk membangun network dan melihat beragam perusahan IT ternama.

Jika kamu juga sedang mencari peluang bekerja atau kolaborasi untuk proyek sampingan, hackathon adalah tempat yang tepat untuk mulai. Mungkin akan terlihat seram di awal karena banyak orang yang datang ke acara ini telah bekerja bertahun tahun di bidang ini. Kamu mungkin membayangkan bahwa kamu akan datang dan dikelilingi oleh para jenius dari IT. Tapi sebenarnya kebanyak dari mereka yang datang adalah mereka yang hanya ingin bersenang senang dan membuat sesuatu.

Perusahaan kadang mengadakan dan mensponsor hackathon untuk mempromosikan teknologi mereka di depan para developer ahli sekaligus merekrut mereka. Kamu juga bisa mendapatkan sebuah sudut pandang baru tentang perusahaan mereka beserta teknologi yang mereka gunakan sambil turut mempromosikan dirimu sendiri. Bagaimana kamu bereaksi dan bekerja dibawah tekanan waktu, bagaimana code milikmu, bagaimana kamu berkomunikasi dengan rekan timmu akan mereka perhatikan dan mungkin jika tertarik mereka akan senang untuk menerimamu di dalam perusahaan mereka.

Hackathon itu menyenangkan!

Kesimpulannya, hackathon adalah cara yang baik untuk menghabiskan waktumu. Kamu bisa bertemu dengan teman baru dan membangun proyek dalam 12 hingga 48 jam. Keren kan?

Jika kamu memiliki ide bagus atau hanya ingin mencoba membuat hal baru, banyak orang yang juga ingin membantu dan berkarya sama denganmu. Kamu juga bisa melihat tempat baru. Kamu akan mendapatkan makanan, swag, dan pada akhirnya bisa menunjukan resumemu kepada teman barumu! Jadi kumpulkan temanmu yang menyukai coding atau siapkan dirimu untuk berburu teman baru, cari hackathon terdekat, daftar, dan hack out!

Source: Dev Bootcamp

HACKTIV8

HACKTIV8

HACKTIV8 is a 12-week web development coding bootcamp focusing on Full Stack JavaScript.

Read More