Home
Business

Peran Data Scientist dalam Membentuk Masa Depan Industri Teknologi

Di era digital saat ini, data telah menjadi aset yang sangat berharga bagi banyak perusahaan. Volume data yang dihasilkan terus meningkat seiring dengan digitalisasi di berbagai bidang.

Di era digital saat ini, data telah menjadi aset yang sangat berharga bagi banyak perusahaan. Volume data yang dihasilkan terus meningkat seiring dengan digitalisasi di berbagai bidang. Untuk bisa memanfaatkan data secara maksimal, dibutuhkan keahlian khusus dalam mengolah dan menganalisis data agar menghasilkan insight yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan bisnis. Di sinilah Data Scientist bisa berperan penting.

Data Scientist adalah profesi yang berfokus pada penggalian insight dari sejumlah besar data menggunakan keterampilan dan teknik ilmu data. Data Scientist bertugas untuk membersihkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menemukan pola dan insight untuk keperluan bisnis atau penelitian. Dengan kemampuan analitiknya, Data Scientist dapat membantu perusahaan memaksimalkan potensi data yang dimiliki.

Pekerjaan Data Analyst dan Data Scientist

Seorang Data Analyst atau Data Scientist memiliki peran penting dalam mengolah Big Data menjadi insight bisnis yang sangat berharga bagi perusahaan. Data mentah yang begitu banyak terkumpul dari berbagai sumber seperti website, sosial media, transaksi, survei, dan lainnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis jika diproses dengan tepat.

Putri Devira, selaku Enterprise Solutions Lead IYKRA, yang juga menjadi salah satu Hiring Partner Hacktiv8, berbagi pandangannya tentang pentingnya peran ahli Data Science di industri digital.

"Seorang Data Analyst atau Data Scientist dapat memproses Big Data menjadi insight yang sangat berharga untuk bisnis dalam pengambilan keputusan. Dengan kemampuan analisis data bisa membantu untuk mengoptimalisasikan di sisi operation, marketing, finance, agar lebih tepat sasaran,” kata Putri.

Data Scientist menggunakan teknik statistik dan pemrograman untuk membersihkan, mengintegrasikan, mengelola, dan menganalisis data dengan tujuan menemukan pola dan tren yang bermanfaat. Hasil analisis tersebut kemudian disajikan dalam bentuk visualisasi data, model prediktif, atau rekomendasi strategi yang dapat membantu perusahaan memahami perilaku konsumen, meningkatkan produktivitas, evaluasi risiko, prediksi tren pasar, dan banyak lagi. Dengan demikian, Data Scientist memainkan peran vital dalam mengubah data menjadi informasi penting yang mendorong pengambilan keputusan bisnis dan inovasi.

Prospek Karir Data Scientist

Putri menambahkan, potensi karir untuk Data Scientist akan sangat besar pada masa depan mengingat perkembangan data yang sangat masif.

"Data terus berkembang, sehingga kebutuhan untuk mengelola dan menganalisisnya akan terus meningkat," jelasnya.

Dengan demikian, peran Data Scientist yang mampu mengolah data mentah menjadi informasi berharga akan semakin dibutuhkan. Menurut laporan dari World Economic Forum, Data Scientist bahkan menempati peringkat pertama sebagai pekerjaan masa depan yang paling diminati.

Industri yang Membutuhkan Data Scientist

Lebih lanjut Putri menambagkan, hampir semua industri membutuhkan Data Scientist untuk menganalisis data dan mendapatkan insight.

“Beberapa contoh industri yang sangat membutuhkan keahlian Data Scientist antara lain industri kesehatan, keuangan, ritel, teknologi, dan pemerintahan,” ujarnya.

Di industri kesehatan misalnya, Data Scientist dapat membantu menganalisis data pasien untuk mengidentifikasi pola dan tren penyakit. Atau di industri ritel, Data Scientist bisa menganalisis data pelanggan dan transaksi untuk memberikan rekomendasi produk yang tepat. Demikian juga di industri keuangan, Data Scientist dibutuhkan untuk menganalisis data investasi dan memprediksi risiko kredit.

Dengan kemampuan mengolah data yang besar dan kompleks menjadi insight, Data Scientist memang sangat dibutuhkan hampir di semua industri saat ini dan di masa depan.

Mulai Belajar Data Science

Menurut Putri sekarang saat yang tepat untuk belajar Data Science. Dengan belajar Data Science dari sekarang akan membuka peluang karir yang luas di berbagai bidang industri.

"Perkembangan data sangat cepat. Mulai belajar dari sekarang akan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan seiring dengan evolusi industri," pungkasnya.

Lonjakan kebutuhan Data Scientist diprediksi akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi dan transformasi digital. Saatnya upskilling atau career switch menjadi Data Scientist di Bootcamp Data Science Hacktiv8 hanya dalam 12 minggu. Bergabung dengan lebih dari 90% lulusan yang berhasil menjadi ahli Data Science sekarang!

Daftar sekarang!