Home
Business

Meta & Hacktiv8: Turut Sukseskan Pemilu 2024 lewat ARlection

Meta, yang dulu dikenal sebagai Facebook, merupakan perusahaan teknologi yang memberikan layanan jejaring sosial terbesar di dunia, termasuk Instagram dan Whatsapp.

Meta, yang dulu dikenal sebagai Facebook, merupakan perusahaan teknologi yang memberikan layanan jejaring sosial terbesar di dunia, termasuk Instagram dan Whatsapp.

Pengguna Meta di Indonesia merupakan pengguna terbesar ketiga di dunia, sehingga peluang bisnis Meta pun sangat besar di negara kita. Dengan jumlah pengguna yang mencapai angka ratusan juta orang, Meta memiliki misi besar untuk meningkatkan awareness tentang industri AR atau Augmented Reality di Indonesia, melalui Meta Spark, salah satu fitur tech baru yang ditawarkan oleh Meta.

Meta Dukung Pemilu 2024

Meta secara terbuka mendukung pemerintah untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satu program inisiatif Meta untuk mendukung integritas pemilu di Indonesia adalah program edukasi untuk pemilih.

Yang pertama, Bijak Bersuara, program di mana Meta membantu para pemilih untuk dapat menyaring informasi yang beredar dan bersikap bijak dalam berkomunikasi di berbagai platform digital.

Yang kedua adalah ARlection, sebuah kompetisi AR hasil kolaborasi dengan Hacktiv8, yang bertujuan untuk membangkitkan semangat memilih generasi muda. Hacktiv8 memahami bahwa untuk melakukan pendekatan kepada target audience Meta, harus dibuat program dengan kemasan yang menarik dan relevan.

Di situ lah Hacktiv8 mendesain program ARlection, perpanjangan dari program MILA, atau Meta Immersive Learning Academy, activation Hacktiv8 untuk Meta yang telah berlangsung sejak tahun 2022. Hacktiv8 melihat peluang dan potensi yang besar di ARlection untuk membuat eksposur yang lebih besar lagi, baik untuk pesertanya maupun untuk aktivitas dukungan Meta untuk Pemilu 2024.

Tentang ARlection 2023

Sebagai satu-satunya partner pelatihan digital di Indonesia yang dipercaya Meta untuk mewujudkan visi besarnya, Hacktiv8 selalu berusaha untuk memberikan solusi end-to-end terbaik, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Meta.

Dalam kasus ini, 2 visi Meta, yakni

  1. Mendukung pemilu 2024 dan
  2. Meningkatkan awareness akan industri AR

Keduanya terwujud dalam 1 program: ARlection.

ARlection bukan hanya sekadar kompetisi membuat filter AR yang bertemakan pemilu. ARlection juga jadi peluang untuk para kreator AR pemula untuk mendapatkan mentoring dari para profesional

Foto mentoring session saat ARlection

Pencapaian Program ARlection

ARlection 2023 diikuti oleh 170 Kreator AR Indonesia. Anak-anak muda yang dengan semangat ingin membuat perubahan melalui karya AR mereka. Sebanyak 7 kelas mentoring dibuka oleh MILA untuk mendukung para kreator muda belajar lebih banyak dari para mentor profesional.

Hadiah yang ditawarkan pun tidak main-main, para kompetitor berpeluang untuk memenangkan total hadiah Rp50 juta untuk 3 orang pemenang. Mereka pun mendapatkan special merchandise dari Meta. Efek AR yang total berjumlah 210 dapat langsung dicoba di my.hacktiv8.com/cobaefek.

Dengan jaringan komunitas AR yang Hacktiv8 miliki, lebih dari 2.000 followers, postingan tentang ARlection di sosial media mendapatkan total reach (angka orang yang melihat postingannya) hingga lebih dari 25.000.000. Hal ini menunjukkan bahwa ARlection 2023 mendapatkan sambutan hangat, tak hanya dari peserta dan netizen, namun juga dari media di Indonesia. Bagaimana tidak, kolaborasi Meta dengan Hacktiv8 yang telah berjalan dari 2019 ini terus mencetak prestasi dan inovasi di Indonesia. Lantas, bagaimana proses kolaborasi Meta dengan Hacktiv8?

Foto pemenang arlection 2023

Hacktiv8's Blueprint for Meta: Inovasi, Aktivasi, dan Eksekusi Terbaik

Untuk menjawab semua kebutuhan Meta dan juga mewujudkan visi Meta di dunia digital Indonesia, Hacktiv8 memberikan solusi end-to-end dan customized sesuai dengan kebutuhan Meta. Apa saja layanan menyeluruh yang kami tawarkan untuk Meta?

Ideation

Setelah memahami berbagai kebutuhan Meta, tim Hacktiv8 menggodok dan mendesain berbagai macam program yang dapat menjawab objektif yang Meta butuhkan.

Activation

Hacktiv8 pun menginisiasi program yang telah dicraft sedemikian rupa untuk menyesuaikan pasar Indonesia. Format programnya juga didesain sesuai dengan objektif Meta. Hacktiv8 telah menginisasi beragam program seperti beasiswa, pelatihan, workshop dan juga kompetisi seperti ARlection untuk Meta.

Execution

Seluruh pelaksanaan program dijalankan, dipantau, dan diawasi oleh tim Hacktiv8 secara seksama. Jika ada kendala atau tantangan dalam keberlangsungan programnya, Hacktiv8 memastikan bahwa isunya segera ditanggapi dan cepat diatasi. Tim Hacktiv8 telah terlatih dan berpengalaman untuk memberikan solusi dan penanganan yang efisien jika diperlukan.

Evaluation

Kami pun memberikan report untuk setiap program yang telah berlangsung, melaporkan tingkat satisfaction para peserta dan juga pemenuhan metrics yang telah disepakati bersama Meta. Kami juga menganalisis pembelajaran apa saja yang kami temukan, dan menggunakannya untuk memperbaiki kinerja program lainnya di kemudian hari.

Sejak 2019, Hacktiv8 memberikan solusi menyeluruh yang disesuaikan dengan kebutuhan Meta, mulai dari ideation hingga evaluation. Sebagai partner tepercaya Meta, Hacktiv8 tidak hanya menghadirkan program semata, namun juga membantu Meta merespon dan menavigasi pasar Indonesia yang unik dan dinamis.

Dengan bangga, Hacktiv8 menjadi partner utama Meta yang memberikan dampak positif dan meluas di industri digital Asia Tenggara. Jika Anda ingin membawa perubahan yang inovatif seperti Meta, klik di sini dan biarkan Hacktiv8 membantu Anda, from start to finish.