Home
News

Langkah-langkah Pertama untuk Pindah Karier ke Industri Teknologi

"Brittany City" di YouTube, membahas 5 tips tentang apa yang harus dilakukan saat beralih karier ke dunia teknologi. Yuk simak tips-nya berikut ini!

"Brittany City" di YouTube, membahas 5 tips tentang apa yang harus dilakukan saat beralih karier ke dunia teknologi. Yuk simak tips-nya berikut ini!

Tips 1: Memahami diri sendiri

Pertama-tama, penting untuk melakukan introspeksi dan menentukan mengapa kamu ingin melakukan perubahan pada bidang kariermu. Kamu bisa bertanya kepada diri sendiri, seperti "Apa yang kamu sukai?" dan "Apa yang ingin kamu pelajari lebih lanjut?" untuk membantu mengidentifikasi minatmu.

Tips 2: Mengidentifikasi kemampuan diri yang dapat membantu diri saat berpindah karier

Hal kedua setelah kamu memahami kelebihan diri sendiri, sangat penting untuk kamu mengidentifikasi keterampilan yang kamu bisa terapkan dari pengalaman kerja sebelumnya ke bidang pekerjaan baru. Kamu bisa memikirkan jalur karier apa yang cocok untuk ditekuni setelah memahami kemampuan diri sendiri. Harus diingat juga bahwa kamu perlu bersikap jujur pada diri sendiri tentang apa yang kamu inginkan dan tidak diinginkan saat menentukan jalur karier baru.

Tips 3: Mengeksplorasi bidang karier yang diminati

Penting untuk melakukan riset tentang karier yang kamu minati. Kamu perlu mencari tahu berbagai bidang teknologi yang menarik perhatianmu, misalnya desain UI/UX, pengembangan aplikasi, atau pengembangan website. Kamu juga perlu mencari informasi tentang bahasa pemrograman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk masing-masing bidang itu. Kamu juga bisa mencari informasi itu dengan menonton video di YouTube atau mengikuti kursus relevan untuk mengetahui pekerjaan sehari-hari yang dilakukan di bidang teknologi.

Tips 4: Mencari informasi tentang orang-orang yang akan berhubungan dengan kariermu

Kamu juga perlu mencari tahu orang-orang di LinkedIn supaya bisa mendapatkan wawasan mengenai jalur karier yang kamu minati. Hal ini melibatkan mencari orang-orang di bidang pekerjaan relevan yang kamu minati. Kamu bisa mempelajari CV, keterampilan teknis, atau latar belakang mereka. Kamu juga bisa menelusuri cara mereka mencapai kesuksesan dalam jalur karier mereka dengan melihat rekomendasi dan keterampilan yang tertera di LinkedIn.

Tips 5: Networking dan membangun hubungan

Networking dan membangun hubungan itu penting untuk perkembangan kariermu. Contohnya adalah bergabung di grup LinkedIn karena tempat yang bagus untuk memulai membangun hubungan dengan orang-orang di bidangmu. Rekruter juga sering kali mencari orang-orang melalui grup untuk dihubungi, jadi ini platform yang baik. Pentingnya membangun hubungan itu karena kamu bisa mendapatkan wawasan, peluang, dan bahkan proyek kerja yang bermanfaat.

Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mengeksplorasi jalur karier di bidang teknologi!