Home
News

Kolaborasi Hacktiv8 x Telkomsel Digitalent 2023 Lahirkan SDM Melek Digital dan Kreatif

Untuk kesekian kalinya PT Telekomunikasi Selular atau biasa dikenal dengan Telkomsel mengadakan Telkomsel Digital Talent. Program Telkomsel Digitalent Academy adalah CSR program dari Telkomsel dibidang pendidikan dan kelanjutan program yang dirancang khusus untuk alumni 30 Best Talent IndonesiaNEXT Season 5 hingga 7.

(Sumber gambar: suarantb.com)

Untuk kesekian kalinya PT Telekomunikasi Selular atau biasa dikenal dengan Telkomsel mengadakan Telkomsel Digital Talent. Program Telkomsel Digitalent Academy adalah CSR program dari Telkomsel dibidang pendidikan dan kelanjutan program yang dirancang khusus untuk alumni 30 Best Talent IndonesiaNEXT Season 5 hingga 7.

Di tahun 2023 lalu, Telkomsel berkolaborasi dengan Hacktiv8 sebagai pemateri untuk sesi edukasi digital. Telkomsel melihat Hacktiv8 adalah salah satu EdTech yang berkomitmen untuk mencetak talent digital melalui berbagai training program yang ada. 

Menghasilkan Pekerja dengan Produk Kreatif Nyata

Tujuan kerja sama Telkomsel dengan Hacktiv8 adalah untuk mematangkan program Telkomsel Digitalent Academy kepada alumni. Alumni yang telah di-screening pada program IndonesiaNEXT diberi pembekalan materi digital untuk bisa menghasilkan ide bisnis atau produk kreatif secara riil.

Pada kolaborasi yang berlangsung dari bulan September - Desember 2023 ini Hacktiv8 memberikan training program yang sejalan dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) 9 dan 17. Sesuai dengan definisi yang sudah ditetapkan sidang PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada 25 September 2015, tujuan SDGs 9 adalah pembangunan infrastruktur yang tangguh dan perkembangan inovasi. Sedangkan SDGs 17 adalah kemitraan untuk mencapai tujuan dan keberlanjutan.

Nah, untuk menunjang pencapaian dua tujuan tersebut, Hacktiv8 memasukkan beberapa materi pendukung yaitu problem-solving, UI/UX, Web Development menggunakan Bubble.io, dan skill presentasi. Dengan materi yang sifatnya praktikal dan relevan dalam perkembangan industri saat ini, diharapkan dapat membantu ke-30 alumni Best Talent IndonesiaNEXT Season 5 hingga 7 ini mendapatkan keterampilan digital dan mengembangkan kemampuan kewirausahaan. 

Sejatinya program Telkomsel Digitalent Academy ini juga berkontribusi pada SGDs secara keseluruhan. Khususnya pengadaan program ini sendiri sesuai dengan SGDs 4 yaitu memberikan pendidikan yang bermutu dan sifatnya berkelanjutan. Sehingga sesuai dengan tujuan SGDs 8, pembinaan talenta yang melek digital dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. 

Pentingnya Komitmen dan Konsisten

Pengadaan fasilitas mumpuni tanpa adanya komitmen dan konsistensi juga menjadi tantangan tersendiri. Seperti halnya Telkomsel Digitalent Academy ini yang berlangsung selama lebih kurang tiga bulan, terhitung September - Desember 2023. 

Selain durasi yang panjang, 30 peserta ini ada juga yang bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lokasi peserta yang tersebar di seluruh Indonesia juga menciptakan tantangan tersendiri, terutama soal perbedaan zona waktu. 

Dengan pengalaman kami,  tim operasional Hacktiv8 berkomitmen tinggi untuk mencarikan solusi dari setiap kendala yang dihadapi oleh peserta dan tanggap dalam menerima feedback.  Peserta pun dapat tetap menjalankan keseluruhan program dengan baik sampai dengan selesai.

Parameter keberhasilan dari program ini adalah sejauh mana peserta dapat merasa terbantu dan diarahkan untuk bisa merealisasikan ide bisnis atau produk kreatif mereka. 

Dari hasil survei yang dilakukan tim Hacktiv8, 93% peserta mendapatkan peningkatan pemahaman pada materi. Kemudian, empat skill yang paling berkembang setelah mengikuti sesi training ini adalah problem solving, cara penggunaan UI Design Tools, User Research, dan Sketching & Wireframing. 

Secara keseluruhan, peserta setuju kalau training ini memberikan investasi jangka panjang. Pola pikir menjadi lebih kreatif terkhusus menggunakan kreativitas dalam membuat inovasi baru. Dan tantangan mengatur waktu karena sambil bekerja atau pun kuliah justru menjadi pelatihan skill tersendiri. Bagaimana mengatur dan mengelola waktu antara kesibukan dan peningkatan keahlian. Pastinya, sebagian besar peserta mendapatkan pemahaman mengenai membuat dan mengelola bisnis melalui skill yang relevan di era sekarang. 

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia yang mengoperasikan 236.000 unit BTS untuk melayani lebih dari 170 juta pelanggan, sehingga perusahaan ini menguasai hampir 60% pangsa pasar telekomunikasi seluler di Indonesia pada tahun 2020. Dengan capaian tersebut, perusahaan ini juga menjadi operator seluler terbesar keenam di dunia. Bekerja sama dengan 575 mitra roaming, layanan perusahaan ini kini dapat digunakan di 200 negara di seluruh dunia.

Hacktiv8 adalah Coding bootcamp  yang menyediakan beberapa materi pembelajaran mulai dari Full Stack JavaScript Immersive, Data Science & Data Analyst, Performance Marketing, Back End Golang, dan UI-UX Designer.  Selain program Bootcamp, Hacktiv8 juga menyediakan pembelajaran dengan metode professional development, executive development, private, dan Hacktiv8 juga menjadi salah satu lembaga pelatihan yang dapat menjalankan program Kampus Merdeka.

Hacktiv8 juga memberikan pelatihan kepada perusahaan yang sedang ingin mengubah transformasi bisnis dan peningkatan skill karyawan. Hacktiv8 sudah bekerja sama dengan lebih dari 1100 corporate partner, 850 hiring partner, serta 2200+ alumni yang direkrut. 

Pelatihan yang diberikan Hacktiv8 tidak terbatas pada skill teknologi tetapi juga skill intrapersonal, manajemen proyek, public speaking, dan kemampuan presentasi yang mumpuni. Tertarik untuk melakukan pelatihan untuk mengembangkan skill karyawan, mari berkolaborasi dengan kami.