Home
News

Bank Mandiri Tingkatkan Skill Data Management Karyawan bersama Hacktiv8

Di era modern ini, digitalisasi data dapat dibilang menjadi suatu hal yang wajib dimiliki bagi badan usaha manapun yang menawarkan barang ataupun jasa. Contohnya saja, di minimart atau supermarket.

Di era modern ini, digitalisasi data dapat dibilang menjadi suatu hal yang wajib dimiliki bagi badan usaha manapun yang menawarkan barang ataupun jasa. Contohnya saja, di minimart atau supermarket. Seluruh stok yang ada di toko semua tercatat dengan sistematis dan terintegrasi dalam sebuah database yang dapat diakses langsung oleh kasir di mesin kasirnya. Database tersebut dapat dilihat dalam bentuk tabel, yang isinya dapat diubah, diganti, ataupun dihilangkan sesuai kebutuhan.

Tak hanya di dunia ritel, dalam dunia perbankan pun, sistem database juga menjadi kunci utama berlangsungnya bisnis dan transaksi. Sistem database ini dikelola dengan SQL, atau Structured Query Language.

Apa itu SQL?

SQL adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk mengelola RDBMS atau Relational Database Management System (RDBMS). Sederhananya, bahasa pemrograman adalah cara berkomunikasi dengan data/tabel. Dengan SQL, kita dapat membuat perintah, mengatur tampilan, dan memodifikasi data (misalkan ditambah atau dikurangi).

RDBMS atau Relational Database Management System merupakan program dalam komputer yang digunakan untuk mengatur hubungan satu tabel dengan tabel yang lainnya. Keunggulan RDBMS dibandingkan mengelola data dengan sistem yang serupa, seperti excel adalah:

  • RDBMS dapat terhubung dengan banyak bahasa pemrograman lainnya
  • Jumlah data yang dapat diproses jauh melebih Excel
  • Database dapat terkoneksi dengan internet, sehingga kolaborasi menjadi lebih mudah
Contoh penerapan SQL di website Hacktiv8

Untuk memahami SQL secara sederhana, berikut adalah contoh penerapan SQL di situs Hacktiv8. Keseluruhan tabel merupakan database. Query adalah isi dari tabel tersebut dan dapat dimodifikasi, seperti jadwal dan jam training, tanggal persiapan, dan tanggal bootcamp.

Mengapa SQL Training?

Hacktiv8 menyediakan pelatihan SQL untuk para pemula baik secara online maupun offline. Berikut manfaat mempelajari SQL:

  1. Peserta dapat memahami cara pengolahan data yang lebih efisien
  2. SQL merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami
  3. Peserta dapat dengan mudah memahami sebuah dataset
  4. SQL dapat mengelola data dalam volume yang sangat besar

Bank Mandiri & Hacktiv8

Bank Mandiri merupakan sebuah badan usaha milik negara yang telah berdiri sejak tahun 1998. Bank Mandiri menawarkan beragam jasa keuangan dan telah dipercaya oleh jutaan nasabah di Indonesia.

Bank Mandiri memahami bahwa manajemen data merupakan hal yang krusial dan esensial di dunia perbankan. Pengetahuan dasar tentang SQL dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kinerja karyawan di perusahaan, apapun divisi dan jabatan karyawan tersebut.

Hacktiv8 menjadi penyedia pelatihan yang dipilih oleh Bank Mandiri untuk memberikan pelatihan kepada tim Credit Risk Management & Analytics Group mereka. Pelatihan dilakukan secara offline di Hotel Grand Kemang pada tanggal 18-21 September 2023 lalu. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 7 orang dari tim Credit Risk Management & Analytics Group.

Program Hacktiv8 untuk Bank Mandiri

Bank Mandiri membutuhkan program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dalam kasus ini, pelatihan SQL yang dapat dipahami bahkan untuk pemula sekalipun.

Customized Program

Bank Mandiri ingin memperkaya pengetahuan tim Credit Risk Management & Analytics Group dalam pengolahan dataset dan pemahaman database. Pelatihan yang didesain oleh Hacktiv8 untuk Bank Mandiri berjudul “MySQL Server Intermediate” dengan materi utama pengenalan dan pembuatan Function Agregasi dengan Join Table, dan penggunaan Agregasi dengan Conditional Statement.

"Dari basic, semi basic, dan intermediate, flownya enak, dari awal jelas materi yang disampaikan dan exercisenya cukup membantu untuk langsung diimplementasi" ujar Hendro, peserta program MySQL Server Intermediate, mengenai materi yang dibawakan oleh Hacktiv8.

Offline Training

Pelatihan dilakukan secara langsung dan tatap muka selama 4 hari, dengan pelatih berpengalaman. Peserta dengan leluasa dapat melakukan tanya jawab tentang materi yang dibawakan oleh pelatih.

Materi terdiri dari:

Basic

Pengenalan dasar tentang database dan SQL, pengenalan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Definition Language).

Semi Basic

Kemudian dilanjutkan dengan pemahaman semi basic SQL tentang operator, pengambilan data dengan klausa join serta aggregation function.

Intermediate

Penjelasan mengenai penggunaan subquery, temporary table, serta aggregation function dalam join dan conditional statement.

"Trainernya sangat oke, kalau bertanya tuh enak, kayak temen diskusinya", testimoni peserta program MySQL Server Intermediate, mengenai pelatih Hacktiv8.

Final Project

Setelah memahami materi-materi yang telah diberikan oleh pelatih, peserta kemudian mengimplementasikan cara pengolahan dataset dan mendesain tabel dengan cara yang telah dipelajari. Pengolahan database tersebut menjadi Final Project atau tugas akhir para peserta. Pelatih pun menilai dari segi pemahaman dan eksekusi penggunaan bahasa pemrograman pada Final Project tersebut.

Program pelatihan yang ditawarkan oleh Hacktiv8 selalu dikemas dan didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dari pelatihan tentang public speaking hingga pelatihan data management, semua bisa Anda temukan bersama kami. Tingkatkan skill dan kinerja karyawan Anda bersama Hacktiv8. Klik di sini untuk cari tahu bagaimana kami bisa membantu mentransformasi perusahaan Anda!