Home
News

3 Cara Mencapai Tujuan Karir

Menetapkan tujuan karir hanyalah langkah awal dari sebuah perjuangan. Seseorang perlu menetapkan pikiran untuk mencapai tujuan tersebut, namun apabila tujuan tersebut tidak dirancang dan dikembangkan dengan baik, maka akan menjadi lebih sulit untuk mencapainya.

Menetapkan tujuan karir hanyalah langkah awal dari sebuah perjuangan. Seseorang perlu menetapkan pikiran untuk mencapai tujuan tersebut, namun apabila tujuan tersebut tidak dirancang dan dikembangkan dengan baik, maka akan menjadi lebih sulit untuk mencapainya.

Penting untuk memastikan bahwa tujuan karir yang ingin dicapai bersifat spesifik. Menetapkan suatu tujuan tidak cukup hanya fokus pada kesuksesan saja. Hal yang lebih penting adalah menentukan arti kesuksesan bagi diri sendiri. Kesuksesan yang diinginkan oleh seseorang mungkin merupakan sebuah tonggak menuju tujuan lebih besar, sementara itu ada yang mengartikan kesuksesan sebagai pencapaian kebebasan finansial.

Pastikan kamu sudah menetapkan cara untuk mengukur hasil tujuanmu. Kamu bisa menetapkan jangka waktu, contohnya "menyelesaikan gelar sarjana dalam waktu 3,5 tahun". Kamu sudah berada di jalur yang tepat menuju pencapaian tujuan akhirmu jika kamu berhasil mencapai tujuan jangka pendek tersebut.

Menghindari pikiran negatif juga dapat membantu mencapai tujuan karir. Sebuah tujuan haruslah sesuatu yang diinginkan, bukan sesuatu yang dihindari. Oleh karena itu, alihkan fokus pada tujuan karir yang ingin dicapai dan pikirkan langkah-langkah supaya kamu bisa mencapainya. Jangan terpaku pada menghindari pekerjaan atau posisi tertentu dalam lima tahun ke depan.

Berikut adalah tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai tujuan karir:

1. Tulis tujuan-tujuan tersebut

Menulis tujuan karir bisa menjadi sangat efektif, meskipun terlihat seperti teknik lama. Berdasarkan beberapa studi, menuliskan tujuan karir memungkinkan individu untuk mencapainya dibandingkan dengan individu yang tidak menuliskannya. Menuliskan tujuan memiliki beberapa manfaat. Salah satu cara yang bisa digunakan dengan individu dipaksa untuk berpikir kritis tentang cara mencapai setiap tujuan.

2. Bagikan rencananya

Keuntungan lain dari menuliskan tujuan karir adalah mudah untuk membagikannya dengan teman, kolega, atau bahkan manajer. Seseorang yang mengungkapkan tujuan karir jangka pendek dan jangka panjang mereka kepada orang lain, akan merasa lebih tertantang untuk mengikutinya hingga akhir.

3. Visualisasikan keberhasilan

Satu hal yang dilakukan oleh orang-orang yang sukses adalah memvisualisasikan keberhasilan mereka. Psikolog olahraga sering meminta atlet-atlet terbaik mereka untuk membayangkan diri mereka menyelesaikan perlombaan atau mencetak gol. Konsep yang sama berlaku pada tujuan karir. Seseorang harus memikirkan semua langkah untuk mencapai tujuannya dan merencanakan kemungkinan rintangan yang mungkin dihadapi.

Intinya

Tujuan karir adalah tentang menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang terkait dengan jalur karir seseorang. Menetapkan tujuan karir itu penting, karena membantu mendorong individu untuk mencapainya. Hal ini khususnya terjadi ketika individu membagikan rencananya dengan pihak ketiga.