What is Agile Software Development?

Kamu pasti pernah mendengar istilah Agile semakin sering sekarang, terutama jika kamu bekerja di bidang IT. Jadi apa sebenernya Agile yang sedang ramai dibicarakan ini?

Agile adalah sebuah metode development software, termasuk juga website, web application, dan mobile application yang berfokus untuk menghasilkan software berkualitas tinggi secara terus menerus dan konsisten selagi meminimalisir biaya proyek dan meningkatkan nilai jual bisnis.

Menarik bukan?
Di bawah kita akan lebih jauh membahas bagaimana metode Agile bisa mengembangkan efektivitas dan kualitas dari software developmentmu.

Kita semua kadang terlalu sering melihat proyek yang melebihi budget atau schedule yang kadang tidak selalu memberikan value kepada client dan user. Pada waktu yang sama, kita sadar bahwa proyek di dunia teknologi sangatlah kompleks dan memerlukan tingkat pengertian mendalam dari tujuan client, tantangan, iklim industry, dan kebutuhan & ekspektasi customer.

Untuk membahas tantangan dan peluang ini, makin banyak proyek software development yang berpaling ke Agile. Staff business dari HACKTIV8 juga turut menerapkan sistem Agile kedalam pekerjaan kami, sehingga kami telah berhasil melihat kemampuan dari metodologi Agile yang dapat mengembangkan hasil kerja selagi meningkankan jumlah client dan kolaborasi antar team.

The Agile Manifesto

The Agile Manifesto yang ditulis pada Februari 2017 oleh 17 software developer menyatakan bahwa:

“Kami akan membuka cara lebih baik untuk mendevelop software dengan mempraktikan dan juga membantu team lain dalam mempraktikannya. Melalui hal ini, kami telah mendapat nilai-nilai dibawah ini:

  • Orang dan interaksi diatas proses dan tools.
  • Software yang berfungsi diatas dokumentasi komprehensive.
  • Kolaborasi customer diatas negosiasi kontrak.
  • Merespon akan perubahan diatas mengikuti rencana.

Maka dari itu, meski tetap ada nilai dari hal-hal yang kami sebutkan di bagian kanan, kami lebih mementingkan hal-hal yang disebutkan pada bagian kiri.”

Pendekatan Agile

Meski banyak macam penerapa dari metode Agile, beberapa tahapan yang umum ada dalam sebuah metode Agile dalam pengerjaan software development adalah sebagai berikut:

  1. Penemuan
    Sangalatlah penting untuk mengerti visi dari seorang client saat mengerjakan suatu proyek baru. Software development dengan metode Agile dimulai dengan sebuah riset untuk mencapai pengertian akan tujuan yang ingin dicapai oleh client, tantangan yang ada, iklim bisnis sekarang, serta customer dan user yang ada. Tahap pertama ini termasuk memastikan adanya pengertian yang sama diantara client, project manager, designer, developer, dan product owner.

  2. Backlog Product
    Setelah proses penemuan, team akan mulai bekerja bersama untuk membuat sebuah Product Backlog tingkat tinggi yang berisi daftar fitur yang akan berguna bagi client dan user. Product owner akan bekerja sama dengan client untuk memprioritaskan fitur dan menentukan urutan dari bagaimana fitur akan dirancang, develop, test, dan diterapkan. Hal ini akan membantu tim untuk tetap fokus dalam memberikan fitur dengan nilai tinggi sebelum bekerja pada tugas yang berprioritas rendah.

  3. Pengulangan
    Setelah memastikan bahwa team mengerti visi yang dimiliki oleh client dan membuat sebuah backlog yang tepat, team akan mulai menerapkan fitur-fitur yang telah dibuat dalam sebuah pengulangan yang diukur oleh waktu yang dinamakan Sprints. Sprint sendiri berlansung dalam durasi 1-4 minggu, tergantung dari besar proyek dan durasi waktu yang ada, dimana setiap Sprint akan memenuhi objektif yang ada di backlog.

  4. Penerusan Siklus
    Sprint tambahan akan dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menghasilkan fitur tambahan dan memasukan feedback yang didapat dari review sebelumnya. Setiap Sprint harus menghasilkan perkembangan dari hasil Sprint sebelumnya dan juga menghasilkan fitur baru ke dalam sistem.

Pada akhirnya, metode Agile memiliki keuntungan jangka panjang dalam kinerja software development team Anda yang akan lebih sukses dalam etos kerja mereka.

Untungnya, HACKTIV8 akan mengadakan Agile SCRUM Workshop dalam kerjasama dengan AgileView. Workshop ini akan membantu kamu menjelajah dan belajar lebih dalam mengenai metodologi Agile.

Kami membuka special early bird price bagi kamu yang mendaftar dan membayar sebelum 30 November 2017!

Masih belum yakin dengan Agile?
Stay tuned di blog post kami berikutnya tentang keuntungan dari metode Agile!

Source: SegueTech